Keistimewaan Al Habib Umar bin Isma'il bin Yahya
Keistimewaan Al Habib Umar bin Isma'il bin Yahya

Keistimewaan Al Habib Umar bin Isma’il bin Yahya

Pada waktu kecil Sayyidi Syaikhunal Mukarrom Al Habib Umar bin Isma’il bin Yahya atau yang dikenal dengan panggilan Abah Umar pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Buntet Astanajapura Cirebon di bawah asuhan Romo KH. Abbas, salah satu Ulama yang disegani di Indonesia.

Selama mondok di Pesantren Buntet, Abah Umar kecil lebih sering terlihat tidur selama mengikuti pengajian. Sehingga sering dicemooh oleh Santri lainnya. Tapi Kyai Abbas membiarkan saja dia tidur, karena Sang Kyai mengetahui siapa sebenarnya Abah Umar. Sejak kecil, Abah Umar mendapatkan ilmu secara laduni di bawah bimbingan Rasulullah saw dan Nabi Khidhir As.

Setiap Kyai Abbas salah atau keliru dalam menjelaskan isi kitab maka Abah Umar memberi kode dengan mengetok lantai beberapa kali sehingga Sang Kyai memahami teguran tersebut dan memperbaiki penjelasannya. Namun santri yang lain tidak mengerti dan memahami teguran tersebut.

Begitulah adab seorang murid terhadap gurunya, siapa pun gurunya. Sangat disayangkan dengan adab murid zaman sekarang yang tidak memiliki adab sopan santun kepada gurunya. Guru salah langsung didemo dan diprotes sehingga keberkahan ilmu menjadi hilang.

Sering kali Kyai Abbas memberi pertanyaan kepada para santri namun tidak ada satu pun santri yang mampu menjawabnya. Tiba-tiba Abah Umar kecil bangun dari tidurnya dan menjawab semua pertanyaan dengan detail dengan disertai dalil-dalil dari berbagai macam kitab dan nomer halamannya. Sehingga para santri yang lainnya mengerti bahwa Abah Umar bukan orang sembarangan.

Semoga Bermanfaat.

Check Also

Marilah Berfikir Positif

Marilah Berfikir Positif

Ada seorang Raja yang mempunyai seorang pelayan, yang dalam setiap kesempatan selalu berkata kepada sang …

Leave a Reply